Seleksi Mahasiswa Baru Lewat Prestasi Raport Lebih Memuaskan

Selasa, 17 November 2009 | 19:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah bervariasinya jalur masuk perguruan tinggi negeri, seleksi masuk mahasiswa baru lewat jalur prestasi dengan melihat hasil raport selama belajar di bangku SMA masih dipertahankan perguruan tinggi. Perekrutan mahasiswa baru dengan mempertimbangkan prestasi di SMA itu dinilai memuaskan karena mahasiswa tetap mampu menujukkan prestasi yang sama baiknya selama di bangku kuliah. Demikian terungkap dari sejumlah pimpinan perguruan tinggi negeri di berbagai daerah, Selasa (17/11). Porsi penerimaan mahasiswa baru dengan melihat prestasi selama di SMA itu tetap mendapat porsi yang lumayan.

Bahkan, di Institut Pertanian Bogor (IPB) seleksi masuk dengan melihat nilai rapor selama di SMA itu mendapat porsi sekitar 70 persen. "Talent scouting calon mahasiswa lewat rapor mereka, yang di IPB dinamakan jalur Undangan Seleksi Masuk IPB atau USMI, lebih bisa dipercaya. Selama proses belajar di SMA itu baik, umumnya mereka juga punya prestasi baik di IPB," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Yonny Koesmaryono.

Menurut Yonny, dari studi kajian penerimaan mahasiswa di IPB, prestasi mahasiswa yang masuk lewat jalur USMI masih yang terbaik. Kondisi itu menunjukkan prestasi selama di SMA memang benar-benar mewakili kemampuan belajar si mahasiswa.

Haris Supratno, Rektor Universitas Negeri Surabaya, mengatakan jalur masuk mahasiswa baru dengan mempertimbangkan prestasi mereka selama di SMA masih dipertahankan. Jika dibandingkan dengan mahasiswa baru yang lolos lewat jalur tes seleksi nasional masuk PTN, prestasi mahasiswa baru yang lewat seleksi raport lebih memuaskan.

sumber :
http://edukasi.kompas.com/read/xml/2009/11/17/19022342/Seleksi.Mahasiswa.Baru.Lewat.Prestasi.Raport.Lebih.Memuaskan

0 komentar: